Cara Setting Robot Meta Tag di Blogspot

Robot meta tag sangat diperlukan untuk memberitahu kepada search engine apakah boleh untuk mengindex blog, halaman dan artikel yang telah kita publiskan di blog blogspot. Kita perlu mengatur meta tag robot ini untuk mengoptimalkan blog di hasil pencarian google dan di beberapa mesin pencari lainnya seperti yahoo seacrh dan BING.

Cara setting robot meta tag di blogspot bisa kita lakukan melalui menu yang pengaturan yang sudah disediakan oleh blogger.com dan dengan cara memasukkan langsung robot meta tag kedalam template blog. Nah dalam artikel ini kita akan belajar kedua cara mengatur robot tag tersebut.
mengatur robot meta tag
Cara setting robot meta tag di blogspot

Cara Mudah Setting Robot Meta Tag Untuk Blogger


Pada bagian pertama ini kita akan belajar cara setting robot meta tag melalui menu pengaturan di blogspot. Berikut langkah-langkahnya:

1. Login ke akun blogger
2. Pilih blog yang akan di setting robot tag-nya.
3. Sekarang cari menu pengaturan seperti gambar dibwah dan klik Preferansi Penelusuran (Search Preferances).
cara setting robot meta tag di blogspot

4. Cari Tag tajuk robot khusus, klik edit dan pilih ya. Lihat contoh dibawah:

cara setting robot meta tag di blogspot

5. Setelah anda klik edit dan memilih pilihan ya, maka anda akan melihat beberapa pengaturan robot header meta tag dan setting seperti contoh berikut.
cara setting robot meta tag di blogger

6. Jika sudah selesain klik >> Simpan perubahan
7. Selesai

Sekarang kita akan belajar cara mengatur robot meta tag di blogspot dengan cara memasukan skrip meta robot ke dalam template blogspot. Tapi ingat, kalau anda sudah melakukan settingan seperti cara diatas, anda tidak perlu lagi mengikuti panduan ini. Karena panduan ini hanya untuk tambahan pengetahuan untuk anda mengenai cara setting header robot meta tag. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Klik menu tamplate
mengatur robot tag di blogger

2. Setelah itu pilih edit HTML
cara mengatur robot meta tag blogger

4. Masukan kode ini <meta content='index,follow,noodp,noydir' name='robots'/> ke dalam template seperti contoh dibawah:
cara memasukan robot meta tag blogger

5. Jika sudah selesai klik >> Simpan Template
6. Selesai

Demikainlah dua cara memasukan robot meta tag ke blogspot yang bisa anda lakukan. Semoga tulisan ini dapat dimengeti dengan baik dan berguna untuk anda. Jika ada pertanyaan mengenai cara setting robot tag di blogspot ini, silahkan bertanya melalui komentar atau menghubungi saya melalui form contact di bawah.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Setting Robot Meta Tag di Blogspot"

Post a Comment