Bisnis Dropship Peluang Bisnis Online Tanpa Modal

Bisnis dropship peluang bisnis online tanpa modal - Jika berbicara tentang bisnis penjualan produk fisik, pasti anda akan berpikir harus punya modal yang besar dan resiko kerugian kalau bisnis yang anda jalankan ternyata gagal. Pada kenyataannya, dulu saat kita ingin membuka usaha berbasis penjualan produk fisik harus menyiapkan modal besar untuk biaya produksi atau untuk membeli stok barang jika kita tidak memproduksi produk yang akan dijual. Belum lagi masalah lainnya yang harus kita pikirkan seperti pengemasan dan pengiriman barang kepada konsumen.

Apakah sekarang masih seperti itu? Memang benar hal tersebut masih berlaku sampai saat ini. Tapi, sekarang anda bisa memiliki bisnis penjualan produk fisik apa saja yang anda inginkan tanpa modal yang besar bahkan bisa tanpa modal karena sudah ada bisnis dropship. Bisnis dropship peluang bisnis online tanpa modal yang bisa anda jadikan sumber penghasilan. Tapi perlu anda ingat dalam menjalankan bisnis model ini, anda harus punya komputer dan modem untuk koneksi internet atau paling minimal anda harus punya handphone seperti blackberry atau Hp android yang sudah ada aplikasi BBM-nya gunanya adalah untuk promosi dan menerima pemesanan.

Apa Benar Bisnis Dropship Peluang Bisnis Online Tanpa Modal?

Bisnis Dropship Peluang Bisnis Online Tanpa Modal
Bisnis Dropshipping Peluang Usaha Tanpa Modal

Bisnis dropship merupakan peluang bisnis online tanpa modal khusus untuk menjual produk fisik. Anda bisa menjalankan bisnis dropship hanya dengan bermodalkan Blackberry atau HP android dan rekening bank untuk menerima pembelian (order) barang yang anda jual seperti yang telah saya sampaikan seblumnya. Dengan menjalankan bisnis dropshiping ini, anda tidak perlu lagi memikirkan modal besar, pengemasan dan pengiriman barang kepada konsumen karena tugas anda hanya menjual barang dan mendapatkan keuntungan. Agar lebih jelas mengenai sistem bisnis dropship peluang bisnis online tanpa modal yang satu ini, saya akan jelaskan secara detil dibawah ini:

Apa Itu Bisnis Dropship? 

Bisnis dropship adalah sebuah sistem bisnis yang memungkinkan anda (Reseller) untuk menjual berbagai jenis barang seperti baju, sepatu, tas dan jaket langsung dari podusen/grosir (dropshipper) kepada konsumen. Dalam bisnis dropshipping anda tidak perlu memiliki stok barang, packing dan mengirim barang kepada konsumen anda karena semuanya akan dilakukan oleh pihak dropshipper. Bisnis dropship ini sangat cocok bagi anda yang ingin memiliki penghasilan dengan jara berjualan tapi tidak memiliki produk sendiri untuk dijual. Bagaimana tertarik untuk menjalakan bisnis dropship peluang bisnis online tanpa modal ini? 

Bagaimana Cara Kerja Bisnis Dropshipping?

Cara kerja dari sistem bisnis ini adalah selaku penjual (Reseller), tugas anda hanya mencari pembeli dengan cara mempromosikan atau menawarkan produk dari suplier/produsen/grosir kepada orang-orang dengan menggunakan katalog atau fotp-foto produk yang telah disediakan. Jika ada pembeli yang membayar, anda tinggal menghubungi produsen/grosir tempat produk yang anda pasarkan untuk mengirimkan barang yang sudah di beli kepada konsumen. Maka pihak dropshipper (suplier/produsen/grosir) akan mengirimkan barang tersebut kepada konsumen anda atas nama anda atau atas nama toko online anda sendiri perhatiakn alur bisnis dropshipping dari gambar dibawah. 

Bisnis Dropship Peluang Bisnis Online Tanpa Modal
Alur Bisnis Dropship

Bagaimana Cara Menjalankan Bisnis Dropship?

Sebenarnya diatas sudah jelas bagaimana cara menjalankan bisnis dropship, tapi disini akan saya jelaskan apa  saja yang harus kita lakukan sebelum memulai bisnis dropship peluang usaha online tanpa modal ini dan bagaimana cara mempromosikan produk yang anda jual.

A. Riset Produk

Langkah awal untuk menjalankan peluang usaha tanpa modal dengan bisnis dropship adalah melakukan riset produk. Riset produk ini mutlak harus dilakukan karena dengan melakukan riset, anda akan mengetahui produk apa yang cocok untuk anda jual di bisnis dropship. Untuk menemukan produk yang cocok untuk dijual, anda bisa memanfaatkan tools gratis seperti google planner yang bisa anda gunakan secara gratis. Berikut ini tips bagaimana memilih produk untuk dijual menggunakan system bisnis dropship.

  • Jual produk berdasarkan musim/trend.
  • Contohnya : Beberapa waktu yang lalu indonesia di hebohkan dengan boy band asal korea, bahkan remaja-remaja di negara kita ini di landa deman korea. Coba kita hubungkan penomena tersebut dengan bisnis dropship kira-kira apa yang cocok untuk dijual pada saat itu? Benar sekali, anda bisa menjual baju korea, tas korea dll pokoknya yang berbau korea pasti akan laku terjual :).
  • Jual produk abadi.
  • Istilahnya aneh y produk abadi he he he he. Maksud produk abadi ini adalah produk yang sampai kapapanpun pasti di butuhkan oleh orang. Contohnya, Baju, sepatu, tas, celana dan lain-lain. Intinya produk abadi ini pasti selalu di butuhkan dan pasti akan terus di beli karena merupakan kebutuhan.
  • Jual produk yang unik.
  • Coba untuk menjual barang-barang yang untuk dan terbatas. Bisanya produk unik akan memiliki banyak peminatnya apalagi kalau memang stoknya terbatas setiap modelnya. Hal ini akan menaikkan minat konsumen untuk segera membelinya karena takut akan kehabisan stok.
Lanjutan cara riset pasar dan produk akan dibahas dalam artikel berikutnya karena ada beberapa hal yang harus di pertimbangkan dalam memilih produk untuk dijual.

B. Menemukan Produsen/Suplier/Grosir

Setelah anda menentukan produk yang akan anda jual, langkah selanjutnya untuk menjalaskan bisnis dropship adalah mencari produsen/grosir (dropshipper)dan mendaftar menjadi reseler mereka. Berikut contoh cara menemukan penyedia layanan dropshipping dengan bantuan google.

Sekarang silahkan buka google.com/google.co.id setelah itu ketikkan nama produk yang ingin anda jual di kotak pencarian. Misalnya dalam contoh ini saya mencari dropshipper baju korea dangan mengetikan kata kunci "dropship baju korea" maka hasilnya seperti gambar dibawah ini:

Bisnis Dropship Peluang Bisnis Online Tanpa Modal
Bisnis dropship peluang usaha online tanpa modal

Dari gambar diatas, anda bisa melihat kalau banyak penyedia layanan dropshipping untuk produk baju korea. Silahkan anda buka satu-persatu halaman website tersebut dan lihat apakah mereka benar-benar menyediakan layanan bisnis dropship. Jika iya, bacalah apa saja syarat untuk menjadi reseler mereka. Kalau terdapat syarat anda harus menyetorkan uang terlebih dahulu atau ada minimal order untuk menjadi reseler, silahkan cari suplier/produsen/grosir yang lain karena bisnis yang ingin anda lakukan adalah bisnis tanpa modal. Akan tetapi, jika anda memang punya modal silahkan untuk bergabung sebagai reseler mereka.

C. Bagaimana Cara Mempromosikan Produk

Menjalankan bisnis dropship peluang bisnis online tanpa modal ini sama dengan menjalakan bisnis pada umumnya. Agar mendapatkan pembeli (buyer) anda harus mempromosikan produk yang anda jual. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk misalnya:
  1. Toko Online 
  2. Blog
  3. Facebook
  4. Grup BBM
  5. Iklan Baris
  6. Marketplace (tokobagus.com, berniaga.com,bejubel.com dll)
  7. Dll
Mungkin diartikel selanjutnya saya akan share bagaimana cara mempromosikan produk dengan menggunakan toko online dan facebook secara lengkap.

Berapa Besar Keuntungan Yang Didapatkan Dari Bisnis Dropship?

Di bisnis dropship anda bisa menentukan seberapa besar keuntungan yang ingin anda dapatkan dari menjual satu produk/barang karena dalam sistem bisnis ini anda adalah bosnya. Ini adalah salah satu kelebihan yang anda dapatkan dari peluang usaha tanpa modal yang satu ini.

Kesimpulan :

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya bahwa dengan menjalankan bisnis dropship, anda tidak perlu memikir segala sesuatu mengenai modal besar untuk stok barang, pengemasan dan pengiriman barang kepada buyer (konsumen) anda karena semuanya dilakukan oleh pihak penyedia layanan dropshipping. Tugas anda dalam bisnis tanpa modal ini hanya mempromosikan produk/barang milik dropshipper, menerima pemesanan, pembayaran dan meneruskannya ke dropshipper. Buat anda yang pengen usaha tapi modal pas-pasan atau bahkan tidak punya modal sama sekali silahkan untuk mencoba bisnis dropship.

Bagaimana apakah anda tertarik mengambil peluang bisnis online tanpa modal dengan sistem bisnis dropship ini? Jika iya, tunggu apa lagi mulailah bisnis dropshipping milik anda sendri mulai dari sekrang. Ingat, sebaik apapun peluang usaha yang anda dapatkan tapi anda tidak segera mengambil keputusan untuk memulainya maka peluang tersebut akan menjadi sia-sia saja.

Akhirnya selesai juga  penjelasan saya mengenai bisnis dropship peluang bisnis online tanpa modal. Silahkan ambil kesimpulanya sendiri mau memulainya dari sekarang atau nanti. Terakhir dari saya, semoga apa yang saya sampaikan di artikel bisnis dropshipping ini bermanfaat untuk teman-teman semua.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bisnis Dropship Peluang Bisnis Online Tanpa Modal"

Post a Comment