Cara Membuat Blog Yang Menghasilkan Uang

Cara membuat blog yang menghasilkan uang - Seperti yang kita ketahui salah satu cara menghasilkan uang dari internet adalah dengan menggunakan blog.

Dengan blog kita bisa mendapatkan penghasilan melalui program periklanan milik goolgle (google adsense), menjual produk orang lain dan menjual produk /jasa anda sendiri.

Akan tetapi, walaupun ada sudah tahu hal tersebut kenapa saat ini anda belum berhasil mendapatkan penghasilan tambahan dari kegiatan ngeblog?

Disinilah letak kesalahannya, kebanyakan para pemula tidak tahu cara membuat blog yang menghasilkan uang dan berpikir asal punya blog pasti akan mendapatkan uang dari internet.

Padahal tidak semua blog bisa menghasilkan. Syarat agar blog kita dapat memberikan penghasilan adalah harus ada pengunjung.

Artinya setiap artikel yang kita tulis didalam blog tersebut harus ada pencarinya di search engine terutama google. Oleh karena itu agar anda tidak salah jalan, dalam tulisan ini saya akan share cara membuat blog yang menghasilkan uang.

Bagaimana cara membuat blog yang menghasilkan uang?

cara membuat blog menghasilkan uang

Cara membuat blog yang menghasilkan uang tidak susah asalkan kita tahu harus melakukan apa, fokus dan konsisten merawatnya sampai benar-benar memberikan pendapatan.

Selain itu, ada beberapa hal wajib harus anda ketahui sebelum memutuskan bikin blog baru yaitu topik utama blog, riset kata kunci, kualitas artikel dan optimasi blog. Berikut ini langkah-langkah cara membuat blog yang menghasilkan uang.

1. Riset Kata Kunci

Kata kunci adalah kata yang diketikan oleh pencari di search engine untuk menemukan informasi tertentu. Contohnya ketika anda menemukan blog ini pasti anda mengetikan keyword “ cara membuat blog yang menghasilkan uang “ atau “ cara menghasilkan uang dari blog “. Kata-kata yang saya beri tanda petik itu disebut kata kunci (keyword).

Kenapa harus melakukan riset kata kunci sebelum membuat blog? Karena dengan melakukan riset terlebih dahulu kita dapat mengetahui seberapa banyak pencari dan mengetahui tingkat persaingan dari keyword tertentu. Dengan begitu, kita akan tahu apakah kita bisa menghasilkan uang dari membuat blog dengan menggunakan kata kunci tersebut atau tidak.

So, bagaimana cara riset keyword? Cara melakukan riset kata kunci bisa menggunakan beberapa tool gratis seperti google keyword planner dan seo book keyword suggestion tool. Saran saya, pada tahap awal anda belajar cara membuat blog yang menghasilkan uang ini pilihlah kata kunci dengan persaingan rendah dan minimal memiliki 1000 pencari per bulan.

2. Membanungun Blog Berdasarkan Kata Kunci Pilihan

Cara membuat blog yang menghasilkan uang berikutnya adalah membangun sebuah blog dengan kata kunci pilihan dari hasil riset keyword yang sebelumnya telah anda lakukan.

Hal ini sangatlah penting karena tujuan kita adalah membuat blog yang dapat menghasilkan uang bukan hanya sekedar punya blog saja. Selain itu, kita dapat menjaring pengunjung tertarget ke blog yang sudah kita bangun.

Dengan mendapatkan pengunjung tertarget, kita dapat menawarkan apa saja yang berhubungan dengan topik blog kita kepada pengunjung tersebut sebagai sumber penghasilan. Bagaimana cara membangun blog dengan kata kunci pilihan?

Misalnya kata kunci utama anda yaitu “ cara merawat kelinci “ maka anda harus membuat blog dengan kriteria berikut ini:

  • Domain harus sesuai dengan kata kunci misalanya : caramerawatkelinci.com atau tipscaramerawatkelinci.com. Anda juga bisa menggunakan blog gratisan seperti blogspot dan wordpress. Tapi ingat nama domain harus sama dengan keyword utama anda.
  • Judul blog harus menggambarkan kata kunci utama anda mislanya : Cara Merawat Kelinci yang Baik, Tips Cara Merawat Kelinci dll.
  • Deskripsi blog harus menggandung keyword utama dan turunannya.

3. Menulis Artikel yang Bermanfaat dan Sesuai Dengan Keyword

Dalam belajar cara membuat blog yang menghasilkan uang ini, hal yang paling penting tetapi serang diabaikan oleh para pemula adalah menulis artikel.

Kebanyakan dari mereka hanya menulis artikel seadanya saja dan ada juga yang mengisi blognya dengan konten copy paste. Mereka tidak mempedulikan apakah artikel yang mereka tulis tersebut bermanfaat bagi para pengjung blognya atau tidak.

Agar anda bisa menghasilkan uang dari blog, cobalah tulis artikel yang berkualitas, bermanfaat dan sesuai dengan target kata kunci blog.

Jangan sekali-kali mempublikasikan artikel hasil copy paste karena bisa berdampak buruk buat masa sepan blog anda.

Ingat ini adalah salah satu cara membuat blog yang menghasilkan uang jadi usahakan sebelum menulis artikel, lakukan riset kata kunci terlebih dahulu.

Pilihlah keyword yang berhubungan dengan blog yang telah anda bangun sebelumnya. Setelah itu barulah tulis artikel untuk blog anda berdasarkan kata kunci tersebut dan kontent tersebut asli bukan hasil comot sana comot sini.

4. Promosikan Blog

Ada begitu banyak cara promosi yang bisa andalakukan untuk mendatakan pengunjung keblog anda. Salah satu cara yang sudah pernah saya bahas adalah dengan memanfaatkan social media seperti facebook dan twitter. Caranya setiap kali anda menulis artikel, bagikan link artikel tersebut ke facebook,twitter dan google+  milik anda dan disertai sedikit kata-kata promosi didalmnya.

Baca juga : Cara Promosi Melalui Facebook

Selain itu, anda bisa bergabung diberbagai komunitas online yang memiliki topik sama dengan blog anda, berkomentar di blog orang lain dan anda juga bisa mencoba promosi berbayar seperti google adwords, kumpulblogger, kliksaya dll untuk mendatangkan pengunjung ke blog anda. Sekarang mari kita lanjutkan kebagian alhir cara membuat blog yang menghasilkan uang.

5. Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Ini bagian terkahir dari cara membuat blog yang menghasilkan uang jadi silahkan simak baik-baik ya. Seperti yang sudah pernah saya katakan di bagian pembuka artikel ini kalau ada begitu banyak cara menghasilkan uang dari blog milik anda.  Tapi ingat syarat untuk mendapatkan penghasilan dari blog adalah blog tersebut harus memili pengunjung. Stelah blog anda memiliki pengunjung, anda bisa memilih beberapa cara mendaparkan uang dari blog dibawah ini:

a. Pay Per Clik (PPC)

Anda bisa mengikuti program PPC seperti google adsense, kliksaya, kumpulblogger, infolink dll uang menghasilkan uang dari blog. Dalam sistem pay per clik anda akan dibayar jika ada yang mengklik iklan yang ada pasang didalm blog.

b. Pay Per Post (PpP)

Pay Per Post artinya anda akan dibayar setiap kali artikel yang anda publiskan di blog. Tapi bukan artikel biasa melainkan artikel review mengenai bisnis atau perusahaan orang lain. Untuk mendapatkan penghasilan dari sistem ini, anda bisa mencoba mendaftar di idblognetwork.com.

c. Affiliate Marketing

Saya pribadi hingga saat ini masih menekuni bisnis affiliasi sebagai sumber penghasilan blog saya. Affiliate marketing maksudnya adalah memasarkan produk milik orang lain dan jika ada yang membeli produk tersebut melalui link anda maka anda akan mendapatkan komisi. Tips dari saya, pastikan untuk menjual produk orang lain yang berhubungan dengan blog anda.

Artikel Terkait :  Bisnis Online Yang Menguntungkan Hanya Modal Blog

Begitulah cara membuat blog yang menghasilkan uang berdasarkan pengalaman pribadi saya. Dengan mengikuti apa yang sudah saya sampaikan diatas, saya yakin anda bisa menghasilkan uang dari blog yang anda miliki. Memang tidak mudah untuk di lakukan, tapi bukan berarti tidak mungkin. Kuncinya kita harus fokus dan konsiten agar mendapatkan penghasilan melalui blog. Semoga apa yang saya sampaikan mengenai cara membuat blog yang menghasilkan uang ini bermanfaat untuk anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Blog Yang Menghasilkan Uang"

Post a Comment